• 083849668628
  • mashuri58@gmail.com

BERWUDLU, RUKUK DAN SUJUD BAHAGIA

BERWUDLU, RUKUK DAN SUJUD BAHAGIA

Shalat dan kesehatan

SEMUA ibadah mencerminkan semangat keseharian. Islam mengatur pola hidup sehat dalam semua aspek kehidupan, mulai dari yang sekecil-kecilnya. Misalnya,bagaimana cara tidur,bangun tidur, cara dan porsi makan dan minum, cara buang air besar dan kecil, serta cara membersihkannya. Beberapa doa yang diajarkan Nabi SAW pernah berjalan bersama sahabt dan melintasi kuburan. Tiba-tiba wajah beliau pucat dan bersabda, “Dua orang dalam kuburan ini sedang disiksa berat oleh allah karena dosa yang diremehkan. “Dosa apa itu?”, tanya sahabat. Nabi menjawab, “Seorang di antara keduanya tidak membersihkan bekas air kencing” (HR. Ibnu Hibban dari Abu Hurairoh r.a).

Hilmi Al Khuli (2008:82-85), penulis buku Menyingkap Rahasia Gerakan Shalat memaparkan secara jelas dan sangat menarik rahasia kesehatan di balik wudhu dan shalat. Tidak sedikit penyakit yang ditimbulkan melalui tangan, yaitu penyakit menular atau mengonsumsi makanan dengan tangan yang tidak bersih. Mulut, gigi, dan hidung juga bersih serta tidak berbau. Mulut merupakan pintu masuk utama yang dilewati makanan menuju perut.

Menurut Muhammad Salim, peneliti dari Universitas Iskandariyah, orang sakit dari mereka yang tidak berwudhu dan tidak shalat lebih tinggi prosentasenya daripada mereka yang secara teratur berwudhu dan shalat.Istinsyaq, yaitu memasukkan air kedalam hidung dan mengeluarkannya dapat menghilangkan sebelas bakteri membahayakan dalam hidung yang selanjutnya menyebabkan penyakit saliran pernapasan,radang paru dan sebagainya. Wajah orang muslim yang merupakan cermin alamiah nampak bersih, segar dan ceria. Menurut Dr Abdul Aziz Ismail, membasuh anggota tubuh kelihatan beberapa kali dalam sehari merupakan pencegahan terbaik dari penyakit kulit dan peradangan.

Dr Alexis Carel, pemenang hadiah Nobel bidang kedokteran dan direktur riset pada Rockefeller Foundation Amerika mengatakan, “Sebagai seorang dokter, saya melihat banyak pasien yang gagal disembuhkan secara medis, tiba-tiba penyakit itu hilang setelah mereka melakukan shalat gerakan takbiratul ihram”gerakan takbiratul ihram gerakan takbiratul ihram”.Shalat bagaikan Tambang Radium yang menyalurkan sinar dan melahirkan kekuatan diri. Shalat merupakan meditasi suci yang pelakunya merasakan kehadiran Allah, seperti merasakan panasnya cahaya matahari.Banyak pasien saya berpenyakit tubercolusis, radang tulang, luka membusuk dan sebaginya sembuh dengan sholat.”

ilustrasi animasi gerakan rukuk

Rukuk yang dilakukan dengan tenang dan maksimal dapat merawat kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (pusat syaraf) beserta aliran darahnya. Demikian dengan tulang leher, tengkuk dan saluran syaraf memori dapat terjaga kelenturannya.

Posisi rukuk menempatkan jantung berada dalam satu garis horisontal dengan pembuluh darah tulang (besar), sebagai ganti dari letak asalnya yaitu dalam posisi lebih tinggi daripada pembuluh darah tulang tersebut. Oleh sebab itu, jantung dapat leluasa menarik darah tanpa rintangan gaya gravitasi bumi. Akhirnya, darah bisa dibersihkan dari segala kotoran secara maksimal setelah mengalir ke bagian-bagian tubuh.

Saat I’tidal dengan mengangkat tangan, darah dari kepala akan turun ke bawah, sehingga bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya.gerakan rukuk memeras sebanyak-banyak kadar darah dari rongga perut dan ketika I’tidal, darah ini tertarik dengan kuat menuju kawasan jantung yang memang sedang haus untuk menerima darah.

ilustrasi animasi gerakan sujud

Sujud adalah cara yang maksimal untuk mengalirkkan darah dan oksigen ke otak dan anggota tubuh di kepala. Pembuluh darah halus diotak juga mendapat tekanan lebih sehingga bisa mencegah stroke.

Menekuk kedua lutut pada posisi sujud bisa mencegah terjadinya kejang pada keduanya. Membungkukkan badan kedepan dan meletakkan dahi di tanah merupakan proses pemijatan terhadap perut dan perangkan pencernaan, sehingga membantu proses pencernaan.

hubungan terdekat antara manusia dengan Alaah adalah ketika bersujud. orang mukmin percaya bahwa Allah melihat hamba-Nya yang bersujud, mendengan tasbih dan hamdalahnya, melihat ketertundukannya, mendengar rintihan kalbunya. oleh sebab itu, ia sangat yakin Allah pasti menolong segala kesusahannya, memberi kesembuhan penyakitnya, meringankan beban dipundaknya, menyinari kegelapan yang menyelimuti hatinya dan Allah tidak menutup pintu rahmat-Nya.

misbahuddin mashuri

Blog yang akan selalu memberikan info yang bermanfaat

Leave your message