• 1-800-123-789
  • info@webriti.com

Berita

17 AGUSTUS 2017

Merupakan sebuah kegiatan yang sakral di mana seluruh daerah baik unsur RT, RW, Desa, Kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi diseluruh Nusantara berbondong–bondong merayakan hari di mana Negara Indonesia menyatakan kemerdekaannya dari era penjajahan hingga kemerdekaan. Berbagai cara yang mereka lakukan, berbagai kegiatan yang mereka laksanakan, untuk merayakan kemerdekaan NKRI. Dari sekian banyak daerah yang mencoba mengisi dan merayakan hari kemerdekaan Negara Indonesia, Desa Candi Pari merupakan salah satu desa yang tidak ingin ketinggalan untuk menyumbangkan ide–ide kreatif serta berpartisipasi dalam mengagungkan momen ini seperti halnya:

1. UPACARA BENDERA 17 AGUSTUS

Merupakan kegiatan yang mutlak dilaksanakan bagi sebagian besar warga negara Indonesia. Upacara ini dilaksanakan untuk mengenang bentuk perjuangan dari para pahlawan yang telah mengorbankan segala jiwa dan raga, harta maupun nyawa demi terciptanya kemerdekaan NKRI. Selain itu upacara ini sebagai bentuk perulangan atau flash back dari pengukuhan kemerdekaan Indonesia yang berlangsung saaat itu dengan dibacanya “teks proklamasi” oleh bapak proklamator yakni Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta.

Untuk Desa Candi Pari sendiri, upacara bendera dilaksanakan di lapangan desa Candi Pari yang di pimpin oleh Kepala Desa Candi Pari sendiri dan peserta upacara berasal dari berbagai kalangan baik guru-guru, perangkat desa, LPM, para Pemuda Desa, dan dari Mahasiswa UMSIDA yang sedang melaksanakan kegiatan  KKN di Desa Candi Pari. Meskipun dengan peserta seadanya, peralatan sederhana, dan petugas upacara yang bukan dari profesional, namun, kegiatan upacara berjalan dengan khidmat dan mendapat kelancaran dari awal hingga akhir.

2. KARNAVAL

Salah satu kegiatan yang tak pernah ketinggalan dalam perayaan kemerdekaan Indonesia adalah karnaval. Adalah bentuk kegiatan seperti pameran budaya yang menampilkan segala bentuk potensi–potensi yang ada di penjuru Nusantara baik itu pakaian adat, kebiasaan, bahkan juga momen–momen perjuangan  para pahlawan yang membela Tanah Air.

Kegiatan ini ditujukan untuk memperlihatkan betapa kaya Negara Indonesia dengan beribu Pulau yang dimiliki, berjuta Kebudayaan yang tercipta akan tetapi tetap pada prinsip yang sama, pada tujuan yang sama, mimpi dan cita–cita yang sama yakni menjunjung tinggi kedaulatan NKRI dan semboyan yang menggambarkan keanekaragaman dan kesatuan Negara Indonesia adalah “BHINEKA TUNGGAL IKA”, berbeda–beda akan tetapi tetap satu jua.

3. LOMBA DAN HIBURAN

Dari paparan yang telah disampaikan, kesemuanya merupakan kegiatan formal yang melibatkan hampir selurah instansi-instansi  penting dari Desa Candi Pari sendiri, untuk itu, mari sejenak kita rubah arah pembahasan dengan yang lebih menyegarkan dan menyenangkan.

Mendengar kata hiburan, kita akan langsung terbayang dengan hal–hal menarik yang menurut kita mampu memberikan kepuasan batiniah berupa kesenangan dan juga kegembiraaan. Yuupss, betul sekali, Desa Candi Pari tak hanya menawarkan kreativitas dalam hal–hal yang berbau formal, akan tetapi juga mengadakan sebuah kegiatan yang di mana masyarakat dapat melepas penat dengan mengikuti perlombaan yang diadakan oleh warga desa Candi Pari. Ada berbagi macam perlombaan yang ditawarkan, misalnya seperti: pukul air, makan krupuk, makan anggur, makan es krim, topi kerucut, balap karung, dan sebagainya.

4. JALAN SEHAT

Jalan Sehat yang diadakan di Desa Candi Pari setiap tahun memang selalu diadakan. Namun ada yang berbeda di jalan sehat tersebut. Perbedaan tersebut berada pada peserta jalan sehat di mana ada beberapa peserta jalan sehat yang memiliki ide kreatif dengan menggunakan kostum budaya, parodi, dan kostum lain. Dengan adanya ide-ide kreatif tersebut semakin dapat memeriahkan Jalan Sehat yang di adakan oleh Desa Candi Pari.