• 1-800-123-789
  • info@webriti.com

Pariwisata

1. CANDI PARI

Ada banyak objek wisata bersejarah di kota Sidoarjo. salah satunya adalah Candi Pari. Candi ini terletak di Kota Sidoarjo, tepatnya di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong. Candi Pari adalah termasuk peninggalan Kerajaan Majapahit pada masa Pemerintahan Prabu Hayam Wuruk tahun 1371 M.

Candi Pari yang merupakan candi terindah di wilayah Sidoarjo ini berbentuk tinggi dan menyerupai tumpukan padi. Di dinding  candi bagian kanan-kiri dan belakang  agak keatas terdapat semacam relief tinggi, ada sangka bersayap, ini menunjukkan fungsi candi sebagi pendarmaan. Meskipun tidak terlalu banyak relief yang terdapat di dinding candi, akan tetapi keindahan yang ditawarkan oleh Candi Pari  tidak kalah mempesona dengan Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang ada di Jogjakarta. Selain itu ada banyak tempat yang sangat pas untuk dijadikan tempat berfoto.

2. CANDI SUMUR

Tak hanya “Candi Pari” yang menjadi icon utama Desa Candi Pari, bukan hanya terdapat Candi Pari tetapi juga terdapat “Candi Sumur”  yang mana merupakan salah satu peninggalan sejarah yang ada di Desa Candi Pari. Candi Sumur ini dibangun bersamaan dengan Candi Pari yakni pada masa kerajaan Majapahit sekitar tahun 1927 S (1937 M) dan mengalami perenovasian pada tahun 1998.

Meski lebih kecil dari pada Candi Pari, Candi Sumur memiliki kelebihan tersendiri, yakni Candi ini memiliki sumur (terowongan) yang kurang lebih sedalam 12 meter. Selain itu bentuk relief yang masih terkesan alami, memberikan kesan kesederhanaan yang tak meninggalkan estetika kemewahan yang melengkapi bentuk tubuh Candi Sumur.

Meskipun Candi Sumur ini jarang terjamah oleh turis tetapi seperti Candi Pari ataupun Candi-Candi lainnya yang sudah mendunia seperti Candi Borobudur maupun Candi Prambanan misalnya, tetapi keindahannya tak kalah dengan Candi-Candi peninggalan Hindhu lainnya,masih terawat dengan segala kisah yang terdapat didalamnya.

Selain keindahan, Candi Sumur juga menawarkan cerita mistis yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan maupun sejarawan yang ingin menjelajah sejarah kebudayaan Indonesia.

Selain hal – hal yang menggambarkan keindahan juga keistimewaan bentuk Candi itu sendiri, ada hal yang tak kalah pentingnya sehubungan dengan kelebihan Candi Sumur, yakni untuk  memasuki lokasi Candi, tidak dipungut biaya loooh alias GRATISS..TIS..TIS, jadi para pengunjung dapat menikmati kunjungan wisata tanpa perlu memikirkan berapa biaya yang akan dikeluarkan… J J

 

3.  KOLAM RENANG CANDI PARI

Tempat wisata lain yang di miliki Desa Candi Pari yakni “Kolam renang Candi Pari”. Bagi orang Porong, kolam renang Candi Pari adalah tempat piknik favorit saat liburan sekolah maupun saat libur  lebaran. Destinasi wisata ini termasuk paling populer di daerah Porong dan sekitarnya. Selain tempat rekreasi kolam renang Candi Pari juga bisa jadi tempat ekstrakulikuler siswa-siswa SD,SMP, dan SMA. Di hari-hari biasa tempat ini ramai pengunjung anak-anak maupun dewasa yang ingin menghabiskan waktunya untuk berenang bersama keluarga maupun kerabat.

Wisata kolam renang Candi Pari di porong sangat cocok unuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan Nasional panjang ataupun saat liburan lainnya.

Adapun harga tiket adalah sebesar Rp.10.000 untuk  usia 2 tahun keatas, dan anak-anak 2 tahun kebawah tidak dikenakan biaya alias GRATIS. kolam renang ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan rekreasi masyarakat Porong dan sekitarnya.

Fasilitas yang ditawarkan oleh kolam renang Candi Pari yakni memilki 3 kolam renang antaranya untuk dewasa,anak-anak dan balita, kemudian wahana air untuk anak-anak, kamar mandi, tempatnya juga nyaman dan strategis. selain itu pengunjung akan dimanajakan dengan fasilitas – fasilitas lain seperti cafe yang menyediakan segala kebutuhan akan rasa yang beraneka ragam, jadi tunggu apalagi, yuk cobain sensasi berenang yang berbeda di KOLAM RENANG CANDI PARI… 😀 😉